Tahukah Anda....!!! Fakta Unik Hewan yang Bikin Anda Terheran-Heran

Alam mempunyai begitu banyak keajaiban yang selalu berhasil membuat kita takjub. Setiap makhluk hidup di dalamnya saling memerlukan untuk menciptakan keseimbangan alam serta supaya seluruh makhluk tetap bisa bertahan hidup. 

Ada begitu banyak keajaiban serta informasi unik mengenai alam yang belum ditemukan. Namun ada pula sebagian fakta yang telah ditemukan, cuma saja umumnya dari kita belum mengetahuinya. Nah gan, pada kesempatan ini Liputan Terkini mengajakmu memerhatikan beberapa fakta unik tentang binatang yang ada di bumi. 

1. Di China Ada Salamander Super Panjang 


Salamander biasanya berukurang antara 10 sampai 20 cm. Namun di China, amfibi ini dapat tumbuh hingga sepanjang 1, 8 meter! Binatang ini mengeluarkan sejenis zat yang baunya seperti lada. Selain itu, mereka juga mempunyai kulit ekstra yang begitu lebar. Manfaatnya yaitu supaya mereka dapat menyerap oksigen dengan lebih efektif karena mereka menyerap oksigen dari kulit! Keren, bukan? 

2. Ikan Transparan 


Seorang pria begitu terkejut mendapatkan ikan transparan saat memancing bersama anaknya. Tetapi, tahukah anda kalau ikan ini sebenarnya umum dijumpai? Ikan ini bernama salp dan mereka nyaris bisa ditemui di laut manapun, tetapi mereka paling banyak ditemudi di sekitar Antartika. 
Binatang ini berenang dekat di permukaan laut dan menyaring plankton dan bakteri lewat badan mereka sebagai makanan. Mereka saling berkaitan satu sama lain dan berbentuk memanjang. Yang lebih keren lagi, mereka membantu menyaring karbon dioksida dari lingkungan menekan efek global warming. 

3. Banteng Legenda 


Pada tahun 1979, lahirlah seekor banteng yang melegenda. Banteng bernama Starbuck ini memiliki berat 1. 170 kg. Bukan hanya itu saja, banteng ini diberitakan begitu tampan dan merupakan spesimen terbaik hingga spermanya di jual sampai total 25 juta dolar sepanjang beberapa tahun. 

Banteng yang melegenda ini mati pada tahun 1998. Tetapi karena spermanya, ia telah memiliki sampai lebih dari 200. 000 keturunan dan gennya telah dikloning sampai lebih dari satu kali. 

4. Jaring Laba-laba Super Kuat 


Laba-laba Darwin’s bark tinggal di Madagascar dan di kenal mempunyai jaring laba-laba yang super kuat. Jaring mereka adalah material biologis terkuat yang pernah di kenal manusia. Jaring yang mereka buat bahkan lebih kuat dari kevlar, bahan yang dipakai untuk membuat rompi anti peluru. 

Laba-laba jenis ini pernah didokumentasikan menjalin jaring mereka sampai sebesar 2 buah bis kota. Anda tidak akan pernah mau tersangkut di jaring mereka, jadi perhatikan jalanmu saat menjelajah hutan. Mereka juga punya kebiasaan membungkus dua serangga mangsanya jadi satu. 

5. Laba-laba Makan Ular 


Kita sering mendengar berita mengenai hewan-hewan menyeramkan yang tinggal di Australia. Nah, salah satunya adalah laba-laba orb. Laba-laba jenis ini makan ular! Yang lebih mengerikan lagi, ular itu masih hidup waktu si laba-laba mulai mengunyahnya! Dan bagian tubuh yang dimakan ular berubah warna menjadi hitam dan dari dalamnya keluar gelembung-gelembung. Hiii… 

6. Katak Horor 


Katak yang satu ini sangat berbeda dengan katak lainnya. Ia miliki rambut di tubuhnya, tidak seperti kebanyakan katak lainnya. Yang membuat horor yaitu, katak ini mempunyai system pertahanan yang cukup seram sekaligus keren. 

Ia akan dengan sengaja mematahkan tulang kakinya kemudian memaksa tulang patah yang tajam tersebut untuk menembus dagingnya sendiri sebagai alat pertahanan saat ia merasakan bahaya. Tetapi janganlah cemas, tubuh katak ini mampu mengobati dirinya sendiri. Walaupun begitu, tetap saja binatang mungil ini mempunyai cara yang ekstrim untuk mempertahankan diri. 

7. Katak yang Membeku 

Umumnya, saat makhluk hidup membeku, pasti ia akan mati bukan? Namun tidak dengan katak yang satu ini. Saat musim dingin tiba, mereka mampu membekukan badan mereka dan saat musim semi datang, mereka dapat mencair dan kembali beraktifitas seperti biasa seolah tidak terjadi apa-apa. 

Bagaimana bisa binatang ini terus hidup sesudah membeku? Mereka dapat mengumpulkan urea di lapisan kulit mereka, merubah glycogen menjadi glukosa didalam hati untuk mengurangi jumlah es yang terbentuk, dan mengurangi penyusutan sel. Keren! 

8. Babi Berbulu 

Tidak banyak orang yang pernah menjumpai babi berbulu dikarenakan umumnya babi memang tidak punya bulu-bulu. Yah, terkecuali babi yang berjenis Mangalitsa ini. Babi asal Hungaria ini yaitu hasil persilangan dari babi Hungaria jenis Bakonyi dan Szalontai yang digabungkan dengan babi Sumadia dari Serbia. Hasilnya, babi berbulu seperti domba. 

9. Seberapa Besarkah Paus Biru? 

Oke, kita ketahui paus biru merupakan binatang yang sangatlah besar. Bahkan merupakan makhluk paling besar yang ada di bumi. Tetapi seberapa besar sih? Untuk mempermudah perspektifmu, lidah paus biru ternyata seberat gajah dewasa. Itu baru lidahnya saja. Dapat anda bayangkan seberapa besar paus biru itu? 

Itu tadi beberapa binatang yang mempunyai beberapa keunikan yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Tetapi, bumi merupakan tempat yang sangat luas dan penuh misteri. Masih banyak lagi keunikan yang ada di alam ini yang menunggu untuk ditemukan.
Tahukah Anda....!!! Fakta Unik Hewan yang Bikin Anda Terheran-Heran Tahukah Anda....!!! Fakta Unik Hewan yang Bikin Anda Terheran-Heran Reviewed by ratno on 09.39 Rating: 5