Benarkah!!! Benua Australia Bergerak Mendekati Indonesia


Merasa bila benua Australia cukup jauh dari Indonesia? Menginginkan ke Sydney atau Perth namun terlihat jarak sangat lebar? Janganlah sedih dahulu. Lantaran tanpa kamu sadari, Australia rupanya selalu bergerak setiap tahunnya ke arah utara. Yang bermakna, benua Australia semakin mendekati Indonesia. Lho, kok bisa demikian? 

Benua Australia


Sekumpulan ilmuwan mengatakan bila tiap-tiap tahunnya, Australia bergeser tujuh sentimeter setiap tahunnya ke arah Indonesia. Gerakan Australia ini dikarenakan oleh lempeng Bumi yang sama-sama bertumbukkan. Bila anda tidak tahu, benua Australia memanglah ada diatas lempeng tektonik yang benar-benar paling aktif bergerak serta bertabrakan dengan lempeng Pasifik. Tidak cuma lempeng dibawah Australia, lempeng Pasifik dilaporkan juga bergerak 11 sentimeter setiap tahunnya. 

Dari data yang ada mulai sejak th. 1994, benua Australia telah berubah ke arah utara sejauh 1, 5 mtr.. Lantaran hal semacam itu, beberapa ilmuwan di Australia hingga mengkalkulasi kembali posisi garis bujur serta garis lintang Australia, seperti ditulis ABC. 
Bila anda bertanya-tanya apa yang berlangsung pada Bumi waktu ke-2 lempeng bertumbukkan, jadi jawabannya yaitu gempa bumi. Pernah dengar gempa berkekuatan 8, 1 SR yang menempa pulau Macquarie pada 23 Desember 2004? Rupanya gempa itu dikarenakan oleh tumbukkan lempeng tektonik dibawah Australia serta lempeng Pasifik. 
Dan nyatanya meskipun hanya bergerak sebagian senti tiap-tiap tahunnya, akibat yang diakibatkan cukup buat repot lho. Lantaran penghitungan lagi garis bujur serta lintang, jadi segala info spasial di semua Australia juga beralih termasuk juga service transportasi sampai navigasi GPS. Hanya saja walaupun buat sulit, Geoscience Australia tetaplah melihat pembaruan data begitu utama. 

 " Garis benua Australia memang tetap. Namun dengan waktu yang selalu jalan, posisi saat ini dibanding dengan posisi GPS dapat terlihat perbedaan. Hingga kita butuh mengubahnya, " ungkap Dan Jaksa, perwakilan Geoscience Australia. Jadi bagaimana? Ingin merencanakan ke Australia sekarang ini atau menunggu hingga begitu dekat saja? 
Benarkah!!! Benua Australia Bergerak Mendekati Indonesia Benarkah!!! Benua Australia Bergerak Mendekati Indonesia Reviewed by ratno on 19.15 Rating: 5