Alhamdullah...!! Mulai 01 Oktober Harga BBM Premium Akan Diturunkan Sementara Solar Dinaikkan, Ini Besarannya…

Pemerintah akan memberlakukan harga baru untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk periode 1 Oktober 2016-31 Desember 2016.



Dari hasil perhitungan sementara, harga BBMbersubsidi jenis premium dan solar bakal turun.
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I. G. N. Wiratmaja, menjelaskan, dari hasil perhitungan tersebut diketahui harga premium turun Rp300 per liter.

Sebaliknya, harga solar seharusnya mengalami kenaikan Rp500-Rp600 per liter. Hasil perhitungan tersebut sudah disampaikan kepada Pelaksana Tugas Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan. “ Tentu (penetapan harga BBM ini berdasarkan) wisdom pimpinan kami. Kami akan melihat apakah harga BBM akan berubah atau tetap.

Penetapan harga ini juga mempertimbangkan aspek kondisi perekonomian Indonesia,” kata Wiratmaja ketika dihubungi Dream, di Jakarta, Rabu 28 September 2016. Wiratmaja menjelaskan dari hasil evaluasi harga BBM periode Oktober-Desember 2016, Kementerian ESDM akanmenilai apakah harga premium dan solar yang selama ini ditetapkan pemerintah bisa menghasilkan untung atau rugi.

Jika hasil evaluasi harga BBM bersubsidi di akhir tahun menunjukan adanya kelebihan, dana tersebut akan disetor kepada negara atau disimpan Pertamina untuk stabilisasi harga tahun depan. ” Kalau minus, (kerugiannya) bisa saja ditutup dari dividen,” kata dia. Sekadar informasi, harga BBM yang berlaku saat ini—periode 1 Juli 2016—30 September 2016—adalah harga BBM yang ditetapkan pada 1 April 2016.

Pemerintah menurunkan harga premium penugasan dan solar bersubsidi sebesar Rp500 per liter. Harga premium saat ini dijual Rp6.450 per liter atau turun Rp500 per liter dari Rp6.950 per liter. Sedangkan harga solar bersubsidi turun dari Rp5.650 per liter menjadi Rp5.150 per liter. (Dream)

Sumber: http://voa-moeslim.blogspot.co.id/
Alhamdullah...!! Mulai 01 Oktober Harga BBM Premium Akan Diturunkan Sementara Solar Dinaikkan, Ini Besarannya… Alhamdullah...!! Mulai 01 Oktober Harga BBM Premium Akan Diturunkan Sementara Solar Dinaikkan, Ini Besarannya… Reviewed by ratno on 15.23 Rating: 5