KABAR GEMBIRAAA (khususnya warga palembang)....!!! Pertama Di INDONESIA Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)


Warga Palembang bakalan menikmati energi listrik yang bersumber dari sampah. Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo telah menunjuk badan usaha milik daerah, PT SP2J, sebagai pengelola energi yang bersumber dari ratusan ribu ton sampah di Sukawinatan, Palembang. Paling lambat pada Maret-April mendatang, perseroan SP2J dapat menjual energi hasil sampah kepada pihak PT PLN.

Pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Palembang merupakan bantuan pemerintah pusat dan diharapkan mampu dimanfaatkan secara optimal, serta menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain dalam pengelolaan sampah. "Palembang yang pertama di Indonesia bisa hasilkan listrik dari sampah," kata Harnojoyo, Rabu, 7 Januari 2015.

Produksi sampah di Kota Palembang mencapai 800 ton per harinya, dan 500 ton di antaranya masuk ke TPA Sukawinatan. Dengan hasil itu maka tumpukan sampah bisa dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik dan salah satu pilihan mengupayakan krisis energi listrik yang akan terjadi. (Baca: Semarang Segera Nikmati Energi Gas dari Sampah)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Dirjen Energi Baru dan Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) telah membangun pembangkit listrik di lokasi TPA Sukawinatan Kota Palembang. Pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah mampu menghasilkan energi sampai 500 kWH dengan volume sampah berkisar 500-600 ton per hari. Saat ini pembangunan tersebut telah mamasuki tahap akhir.


Mussanaf, Project Manager PT Pasa Engineering selaku pemegang tender pekerjaan, mengatakan sampai hari ini pembangunan masuk tahap akhir atau hampir 100 persen. Dia mengatakan konservasi dari uap menjadi energi listrik dengan metode memanfaatkan tumpukan sampah merupakan pembangunan pertama kali di Indonesia. Saat ini sudah dibangun 50 sumur di tiga zona yang ada di TPA tersebut.

Pihaknya memprediksi sampah Sukawinatan bisa menghasilkan 12 nmh3/h di setiap sumurnya, dengan kalkulasi 50 sumur dapat menghasilkan 600 nmh3/h. "Pemanfaatan sampah menjadi energi listrik ini pertama kali di Indonesia. Sudah 50 sumur bor yang terpasang pipa ke mesin engine, sehingga diperkirakan mampu menghasilkan gas metan 600nmh3/h," ujar Mussanaf.

Bantu share agar semua tahu kabar gembira ini...


Sumber: https://m.tempo.co
KABAR GEMBIRAAA (khususnya warga palembang)....!!! Pertama Di INDONESIA Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) KABAR GEMBIRAAA (khususnya warga palembang)....!!! Pertama Di INDONESIA Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Reviewed by ratno on 03.38 Rating: 5