Ternyata Daun Tempuyung Banyak memberi manfaat yang Dapat dibuktikan Dengan cara Ilmiah Loh! Kira Kira Apa Sih Daun Tempuyung Itu...??



Tempuyung (sonchus arvesnsis) yakni satu di antara type tumbuhan liar yang biasanya tumbuh liar serta subur di tepi jalan, parit maupun pinggir sungai, tempuyung mempunyai karakter mendinginkan serta mempunyai rasa pahit. Daun tempuyung terkecuali sebagai tanaman liar ternyata juga mempunyai faedah yang bagus terlebih untuk kesehatan kandungan kimia yang ada di dalam daun tempuyung disadari mungkin saja obat alami untuk sebagian tipe penyakit.

Tempuyung memiliki kandungan oc-laktuserol, P-laktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid, serta taraksasterol.

Penelitian efek ekstrak air serta ekstrak alkohol daun tempuyung pada volume urine tikus in vivo serta pelarutan batu ginjal in vitro, membuahkan rangkuman seperti berikut : a. daun tempuyung tak dengan cara terang memiliki efek diuretik, tetapi memiliki daya melarutkan batu ginjal. b. daya melarutkan batu ginjal oleh ekstrak air tambah baik dari pada ekstrak alkohol (Giri Hardiyatmo, Fak. Farmasi UGM, 1988).

Praperlakuan flavonoid fraksi etil asetat daun tempuyung dapat menghalangi hepatotoksisitas karbon tetrakiorida (CCL 4) yang didapati pada mencit jantan (Atiek Liestyaningsih, Fak. Farmasi UGM, 1991).

Riset Oleh Prof. Sarjito

Daun tumbuhan ini bisa dipakai sebagai obat dengan kandungan kimia saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, taraksasterol. Hasil penelitian yang diakukan oleh almarhum Prof. Dr. Sarjito dari Kampus Gajah Mada Yogyakarta perlihatkan, kandungan kalium dalam tempuyung bisa menolong menghancurkan batu ginjal.

Riset itu diakukan Prof. Sarjito dengan merendam batu ginjal seorang dalam rebusan daun tempuyung pada suhu kamar serta pada suhu 30-35 derajat celsius. Bahan percobaan tadi ada yang digoyang seperti gerakan badan manusia, ada pula yg tak. Setelah itu batu ditimbang serta kalsium dalam larutan diukur lewat cara kimia. Pada akhirnya, semua batu ginjal berkurang bobotnya.


Sarjito juga pelajari daya penghancuran batu ginjal manusia dengan kerjakan kontrol kristal di air seni


serta dengan memakai cahaya rontgen. Selanjutnya di kenali, tempuyung bisa menghancurkan batu ginjal. Sayangnya, hingga sekarang ini belum di kenali senyawa yang melarutkan atau menghancurkan batu ginjal. Namun hasil riset lain tunjukkan, kandungan kalium tersebut yang bertindak dalam penghancuran batu ginjal.

Didalam daun tempuyung itu ada kalium berkadar cukup tinggi. Hadirnya kalium ini buat batu ginjal, berbentuk kalsium karbonat, tercerai berai, lantaran kalium bakal singkirkan kalsium untuk berhimpun dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang disebut pembentuk batu ginjal. Hingga selanjutnya endapan batu ginjal itu larut serta terbenam keluar berbarengan urine.

Daun tempuyung bisa menangani :

– batu saluran kencing serta batu empedu,
– radang usus buntu (apendisitis), radang payudara (mastitis),
– disentri,
– wasir,
– beser mani (spermatorea),
– darah tinggi (hipertensi),
– pendengaran menyusut (tuli),
– rematik gout, memar, dan
– bisul, luka bakar.

Langkah Menggunakannya

1. Radang payudara

Tumbuhan tempuyung fresh sebagian 15 g di rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin disaring, laludiminum sekalian. Kerjakan 2 – 3 kali satu hari.

2. Bisul

Batang serta daun tempuyung fresh sekedarnya dicuci bersih lantas ditumbuk halus. Air perasannya dipakai untuk mengompres bisul.

3. Darah tinggi, kandung kencing serta kandung empedu berbatu

Daun tempuyung fresh beberapa 5 lembar dicuci lantas diasapkan sebentar. Makan sebagai lalap berbarengan makan nasi. Kerjakan 3 kali satu hari.

4. Kencing batu

a. Daun tempuyung kering beberapa 250 mg di rebus dengan 250 cc air bersih hingga tersisa 150 cc. Sesudah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Butuhkan dalam satu hari. Kerjakan sehari-hari hingga pulih.
b. Daun tempuyung, daun avokad (Persea americana), daun sawi tanah (Nasturtium montanum), semuanya bahan fresh beberapa 5 lembar, serta 2 jari gula enau dicuci bersih lantas di rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 3/4-nya. Sesudah dingin disaring. Air yang terkumpul diminum 3 kali satu hari, semasing 3/4 gelas.
c. Daun tempuyung serta daun keji beling (Strobilanthes crispus) fresh semasing 5 lembar, jagung muda 6 buah, serta 3 jari gula enau dicuci serta dipotong-potong sekedarnya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 3/4-nya. Sesudah dingin disaring, lantas diminum 3 kali satu hari, semasing 3/4 gelas.

5. Pendengaran menyusut (tuli)

Herba tempuyung fresh dicuci bersih lantas dibilas dengan air masak. Giling sampai halus, setelah itu diperas dengan kain bersih. Airnya diteteskan pada telinga yang tuli. Kerjakan 3-4 kali satu hari.
Ternyata Daun Tempuyung Banyak memberi manfaat yang Dapat dibuktikan Dengan cara Ilmiah Loh! Kira Kira Apa Sih Daun Tempuyung Itu...?? Ternyata Daun Tempuyung Banyak memberi manfaat yang Dapat dibuktikan Dengan cara Ilmiah Loh! Kira Kira Apa Sih Daun Tempuyung Itu...?? Reviewed by ratno on 03.04 Rating: 5