13 Langkah Mudah Agar Mata Tetap Sehat Ketika Anda Sering Menatap Layar Komputer...!!



Susah berkonsentrasi serta produktivitas menurun? Bisa jadi ada masalah pada mata Anda. 
Ya, tidak sedikit wanita usia produktif mengalami permasalahan pada indera penglihatannya, hingga seringkali mengganggu kesibukan keseharian. Karenanya, apabila telah terlihat tanda-tanda permasalahan pada mata, sebaiknya tidak dianggap remeh. 
Menurut dr. Kantika Prinandita, Sp. M dari RS Hermina Bogor, ada bermacam permasalahan pada mata yang sering dihadapi orang dewasa, terlebih di umur produktif. 
“Gangguan yang sering berlangsung diantaranya mata capek (astenopia), Computer Vision Syndrome (CVS), masalah refraksi serta mata kering (dry eye). ” 
Lantas, bagaimana caranya melindungi kesehatan mata untuk umur produktif ini? Tersebut banyak hal yang utama di perhatikan : 

1. Tidak melakukan pekerjaan dekat dengan cara terus-menerus. Ketika melakukan pekerjaan dekat, mata akan berakomodasi. Akomodasi pada mata yang berlangsung dengan cara terus-menerus akan menyebabkan mata jadi cepat capek. 

2. Sebaiknya tiap-tiap 30 menit lakukan pekerjaan dekat (seperti membaca, menjahit atau memandang monitor monitor) diselingi dahulu dengan kesibukan lihat jauh (kian lebih 6 m). Dapat diselingi dengan lihat ke beberapa sudut ruang atau lihat keluar jendela. 
Dapat pula diaplikasikan ketentuan 20-20, yakni 20 menit memandang objek dekat serta diselingi 20 detik beristirahat lihat objek jauh dengan jarak kian lebih 6 mtr.. 
Tak perlu meninggalkan tempat duduk atau monitor monitor, cuma memalingkan pandangan sesaat untuk mengistirahatkan mata serta untuk menghindar terjadinya masalah pada mata. 

3. Ketika beristirahat mata (melihat ke objek yang jauh), dapat dikerjakan senam enteng untuk peregangan otot-otot bahu serta leher untuk menghindar terjadinya computer vision syndrome. 

4. Ketika tengah bekerja di depan monitor, jadi dengan cara tak sadar refleks berkedip bakal menyusut. Hal semacam ini mengakibatkan mata jadi kering. Oleh karenanya, baiknya dibiasakan untuk berkedip dengan teratur. Atau bisa pula memakai artificial tears untuk hindari terjadinya mata kering. 

5. Pemakaian monitor computer/laptop, melihat tv atau bahkan juga gadget baiknya dibatasi optimal 2 jam sehari 

6. Begitu juga jarak pandang mata ke handphone atau gadget harus juga di perhatikan. Jarak yang baik pada mata dengan gadget yaitu sekitaran 30-40 cm. Upayakan juga supaya posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, yakni membuat pojok sekitaran 15˚. 
7. Pencahayaan monitor computer/laptop/gadget baiknya tidaklah terlalu jelas. Pasalnya, pencahayaan yang sangat jelas bisa mempercepat munculnya mata capek. 

8. Pencahayaan ruang harus juga ditata sedemikian rupa supaya tidaklah terlalu kontras dengan pencahayaan dari monitor laptop/computer/gadget. Ruang yang sangat redup bakal mengakibatkan kontras yang terlalu berlebih, hingga bakal bikin mata jadi tak nyaman. 

9. Ketika anak tengah berkonsentrasi memakai laptop, refleks berkedip bakal menyusut. Hal semacam ini mengakibatkan mata jadi kering. Oleh karenanya, janganlah lupa untuk berkedip dengan teratur waktu tengah memakai piranti kerja Anda. 

10. Jika Anda melihat tv upayakan tidaklah terlalu dekat dengan monitornya. Jarak yang baik untuk melihat tv yaitu sekitaran 4-5x diagonal teve. 

11. Tidak kalah utama, jauhi membaca sembari tiduran, jauhi membaca ditempat gelap, istirahat yang cukup serta rajin konsumsi sayur serta buah lantaran baik untuk kesehatan mata. 

12. Senam mata pas dikerjakan pada pasien insufisiensi akomodasi, yakni pada pasien yang mempunyai kelainan akomodasi. Senam mata yang dikerjakan dengan menggerak-gerakan bola mata ini sesungguhnya masihlah berbentuk kontroversial. 

13. Pemijatan pada daerah di sekitaran mata dapat juga dikerjakan untuk kurangi mata capek. Dengan memijat di daerah sekitaran mata, aliran darah di sekitaran mata bakal jadi lancar serta mata jadi fresh kembali.
13 Langkah Mudah Agar Mata Tetap Sehat Ketika Anda Sering Menatap Layar Komputer...!! 13 Langkah Mudah Agar Mata Tetap Sehat Ketika Anda Sering Menatap Layar Komputer...!! Reviewed by ratno on 23.37 Rating: 5