Unik Dan Menarik...!! Inilah Satu-satunya Suku di Indonesia yang Fasih Bahasa Korea..!!



Ada sebuah kota di Sulawesi yang ternyata masyarakatnya punya tradisi unik dalam berkomunikasi. Masyarakat ini ada di Kota Bau-Bau, Kepulauan Buton, Sulawesi Tenggara. Mereka menggunakan Bahasa Cia-cia saat berkomunikasi kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, saat menulis masyarakat di sini menggunakan huruf Korea atau yang disebut dengn aksara Hangeul. Bahasa Cia-cia atau Bahasa Buton Selatan ialah sejenis Bahasa Austronesia. Aksara Hangeul di kota Bau-bau Pada tahun 2009, bahasa ini menarik perhatian dunia ketika Kota Bau-Bau menerima tulisan Hangul Korea untuk dijadikan sistem tulisan Bahasa Cia-Cia.

Dulu, penulisan Bahasa Cia-Cia menggunakan sejenis abjad Arab yang tidak memakai tanda untuk bunyi vokal atau disebut arab gundul. Tapi, sistem penulisan yang tidak tepat membuat bahasa asli daerah ini nyaris punah. Banyak kalimat atau kata yang tidak bisa ditulis. Jika bahasa Cia-cia ditulis menggunakan aksara Arab gundul, akan berbeda makna setelah diucapkan. Hanya dengan aksara Hangeul Korea semua bunyi itu bisa ditulis. Hal ini bermula dari hubungan kerja sama antara Pemerintah Kota Bau-Bau dan Kota Seoul, ibu kota Korea Selatan. Suku Cia-cia yang tinggal di pulau Buton sebagian besar bermata pencaharian petani, sebagiannnya lagi nelayan. Meskipun belum banyak terjadi modernisasi, tapi nama-nama jalan, nama sekolah, atau instansi pemerintah lainnya ditulis dengan aksara Hangeul. Plang-plang jalan di kota Bau-Bau banyak yang memakai abjad Hanguel. Bahasa Cia-Cia dengan huruf Korea masuk dalam kurikulim pendidikan sebagai muatan lokal. Huruf ini dipelajari mulai dari tingkat SD hingga SMA. Bahkan, beberapa guru dari Korea didatangkan langsung ke Bau-Bau untuk mengajarkan huruf Haenggul. Sejak saat itulah nama Cia-Cia populer di Korea. Beberapa siswa, guru, masyarakat Cia-Cia, serta pihak Pemerintah kota Bau-Bau pun pernah diundang langsung ke Korea untuk mempromosikan kemampuan menuliskan huruf Hanggeul dalam bahasa Cia-Cia.

Sumber: http://travel.tribunnews.com/
Unik Dan Menarik...!! Inilah Satu-satunya Suku di Indonesia yang Fasih Bahasa Korea..!! Unik Dan Menarik...!! Inilah Satu-satunya Suku di Indonesia yang Fasih Bahasa Korea..!! Reviewed by ratno on 22.52 Rating: 5