Perlu Di Waspadai...!!! 7 Postingan Di Facebook Ini Sangatlah Berbahaya...!!!

Barangkali Anda menyangka bahwa status atau postingan facebook adalah sesuatu yang tidak berpengaruh apa-apa selain dibaca orang, dikomentari, di-like. Anggapan seperti ini tentu saja terlalu naif. Dari ribuan teman yang membaca status Anda, apakah Anda pikir semuanya orang baik-baik? Anda tidak akan pernah tahu siapa saja mereka, bukan? Bisa saja salah satu dari mereka adalah perampok, anggota militan FPI, pemerkosa, atau bahkan pembunuh berantai. Ingat pepatah Bang Napi, tidak? Bahwa tindak kejahatan ada bukan karena niat pelakunya melainkan karena kesempatan. Untuk meminimalisir kesempatan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika memposting sesuatu di facebook: 



1. Situasi Terkini "Duh sepi banget di rumah, ga ada siapa-siapa." 
Mungkin dengan membuat status seperti itu Anda berpikir akan ada seorang pangeran tampan atau peri baik hati yang tiba-tiba datang untuk menemani. Tidak, Anda justru sedang mengundang seorang perampok atau pemerkosa datang ke rumah dan menghabisi Anda. 

2. Foto rumah Ya, 
Anda boleh saja memerkan rumah tipe 72 Anda dan dua mobil yang ada di garasi. Ya, Anda boleh saja memperlihatkan ruang tamu Anda yang bergaya minimalis atau dirancang oleh desainer interior ternama. Tapi tahukah Anda bahwa penjahat-penjahat terorganisir harus bekerja keras untuk mendapatkan situasi rumah korbannya lalu tiba-tiba Anda memberikan informasi itu kepada mereka secara cuma-cuma? Well, para penjahat itu harus berterima kasih kepada Anda karena tidak usah bersusah payah mencari tahu di mana letak pintu masuk dan pintu keluar, ada berapa jendela di rumah dan kunci macam apa yang mengamannkannya, berapa tinggi dan jenis pagar yang melindungi rumah Anda. 

3. Liburan Sekeluarga
 "Akhirnyaaaa ... setelah ribet ngurus pasport, kami sekeluarga bisa berlibur ke Paris." Oke, Paris. Cukup mengesankan. Teman-teman FB Anda senang karena Anda sekeluarga senang. Beberapa dari mereka meminta oleh-oleh, dan beberapa dari mereka mengecek keadaan rumah yang kosong lalu memindahkan semua barang berharga ke atas truk. Jadi setelah membuat status tolol seperti itu, pastikan Anda sekeluarga bersenang-senang dulu di tempat liburan. 

4. Lokasi Detail "Capek abis meeting, saatnya rebahan di kamar hotel yang nyaman. 
Kapan lagi coba nginep di Hotel Hilton Bandung yang masih baru itu, dibiayi kantor, dapet kamar president suite pula?" Kalau Anda cuma pegawai kantor biasa, mungkin itu tak akan berpengaruh apa-apa. Tapi  bagaimana jika kebiasaan seperti itu terbawa sampai ketika Anda menjadi pejabat atau diretur Bank Indonesia atau jadi menteri? Hellow? Kenapa tidak sekalian saja titipkan kunci kamar duplikat hotel di resepsionis supaya pembunuh bayaran bisa masuk dengan senang hati ke kamar Anda? 

5. Informasi medis Apa yang ada di dalam riwayat medis Anda, tetaplah berada di situ. 
Cukup Anda dan dokter Anda yang tahu. 

6. Foto Anak Siapa sih orang tua yang tidak bangga dengan buah hatinya? 
Salah satu bentuk kebanggaan itu diaktualisasikan melalui postingan foto-foto disertai dengan keterangan seperti; 'Ini my baby lagi di sekolah. Lucu, kan?', 'Najwa itu emang ga bisa diganggu kalau lagi main di taman seperti ini', dll. Memang sih, anak Anda unyu-unyu. Dengan pamer seperti itu barangkali juga Anda merasa telah menjadi orang tua teladan. Ya, orang tua teladan yang memberikan kesempatan dan informasi detail kepada penculik anak-anak. 

7. Dokumen Pribadi KTP, ijazah, SIM, atau dokumen pribadi lainnya. 
Walaupun misalnya Anda lulusan S3 dari universitas ternama, jangan pernah mempostinnya di FB atau situs lain. Kenapa? Apalagi kalau tidak karena rentan pemalsuan ijazah? KTP? Alah, siapa sih yang mau memalsukan KTP orang? Tidak, tidak akan ada yang memalsukan KTP, paling-paling KTP Anda digunakan untuk membobol akun FB Anda. 

Sumber : http://www.kompasiana.com/
Perlu Di Waspadai...!!! 7 Postingan Di Facebook Ini Sangatlah Berbahaya...!!! Perlu Di Waspadai...!!! 7 Postingan Di Facebook Ini Sangatlah Berbahaya...!!! Reviewed by ratno on 15.35 Rating: 5